Search This Blog

Christian Huygens

>> 4.13.2006

DARI www.wikipedia.com (GIRI YANG NERJEMAHINNYA LOH!)

Christiaan Huygens (14 April 1629–8 Juli 1695), merupakan ahli matematika Belanda dan ahli fisika; lahir di Den Haag sebagai anak dari Constantijn Huygens. Ahli sejarah umumnya mengaitkan Huygens dengan revolusi ilmiah.
Pada tahun 1690 beliau mengemukakan teori bahwa wujud gelombang cahaya yang berjalan dlaam medium sebagai bentuk sferis. Teori ini menjelaskan mengapa cahaya setelah melewati celah sempit cahaya akan melabar sepanjang garis lurus.
Christiaan umumnya menerima penghargaan minor atas perannya dalam perkembangan kalkulus modern. Ia juga mendapatkan peringatan atas argumennya bahwa cahaya terdiri dari gelombang. Tahun 1655, ia menemukan bulan Saturnus, Titan. Beliau juga mempelajari cincin planet saturnus, dan di tahun 1656 beliau menerangkan cincin ini terdiri dari bebatuan, pada tahun yang sama, dia mengobservasi Nebula Orion. Menggunakan telescope modernnya, beliau suskes di pembagian nebula untuk menjadi bintang yang berbeda. Interior terbesar di Beruang Nebula Orion bernama Region Huygens dinamai atas jasanya. Ebliau juga mengungkap beberapa Nebula Interstellar dan beberapa Bintang Ganda.
Setelah Blaise Pascal mendorongnya untuk berbuat sama, Huygens menulis buku pertamanya untuk teori probabilita, yang beliau publikasikan tahun 1657.Dia juga bekerja di konstruksi jam akurat, sangat cocok untuk arah laut. Pada tahun 1658 dia mempubllikasikan buku yang bertopik Horologium . Pada kenyataanya di penemuannya, Jam Pendulum (dipatenkan 1656), adalah penerobosan baru dalam waktu.
Pada tahun 1675, Christian Huygens mematenkan jam kantong. Beliau juga menciptakan alat-alat yang berhubungan dengan angka, termasuk 31 tombol pada oktaf instrumen keyboard yang diolah menggunakan hasil penelitiannya tentang 31 watak tabiat sama.
Huygens kembali ke Den Haag pada tahun 1681 setelah menderita penyakit yang serius dan meninggal disana 14 tahun kemudian pada 8 Juli 1695.

0 orang ngomentarin:

Post a Comment

Yo...silahkan kasih commentnya...
Kamu juga bisa menambah emoticon kawan! cukup ketikkan kode emoticon pada daftar di atas

Picture

Picture

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP