Search This Blog

Pengalaman instalasi Ubuntu

>> 5.16.2009


Wah, akhirnya saya bisa juga menginstall Ubuntu. Hm.. walaupun rintangan menghadang dan cobaan menerjang (ih.. lebay..), sistem operasi “untuk manusia” ini bisa juga nangkring di PICO saya...

Darimana saya tahu Ubuntu? Saat itu ketika saya mendapat bimbingan belajar di sekolah, guru saya menggunakan Ubuntu di laptopnya. Saya yang masih Windows-Oriented kala itu seketika langsung tertarik. Langsung saja saya tanya, “Sistem operasi apa itu pak?”, dan beliau jawab “Ini Linux.” O.... Linux... padahal di laptop beliau ada stiker XP original, saya tanya lagi “XP nya dikemanakan, Pak?” dan langsung dijawab, “Enggak make lagi, ya... dibuang lah..”

Woo! Berani banget!



Terus beliau tunjukkan kalau Ubuntu detect semua driver di komputer, bahkan built-in webcamnya nyala!

Akhirnya sesampainya di rumah saya keluarkan Live CD Ubuntu yang dulu pernah saya dapatkan (tapi nggak diapa-apain karena masih nggak ngerti). Langsung deh saya install di komputer ACER baheula saya. CD dimasukkan, LIVE CD muncul, loadingnya..........................

ERROR! Kya!!!

Beberapa bulan setelah itu saya akhirnya berkesempatan membeli PICO dengan XP ori di dalamnya. Hm, tapi rasa penasaran saya tentang Ubuntu masih menggebu-gebu!

Ngorek-ngorek di mbah Google. Ketemu dengan yang namanya Linux Portable. Cobain di install... ups! Error!!

Hm, nggak ada pilihan lain selain install Ubuntu “Asli” dari Websitenya. Untung di rumah pake Speedy, kuotanya juga 15 jam, jadi download Ubuntu yang 600 mb-an cuman 6 jam.

Setelah di download, langsung bikin Live CD nya deh. Sayangnya karena PICO nggak punya CD-ROM (karena umumnya netbook memang nggak punya CD ROM), jadinya saya bikin Live USB deh, hehehe....

Saya restart Windows, Eits! Langsung ada pilihan startup! Langsung deh pilih Ubuntu, terus install...

Proses instalasinya juga cepet! Nggak nyampe 30 menit! O iya, yang kerennya Ubuntu juga menawarkan partisi yang kita gunakan untuknya. Bahkan kita diberikan pilihan untuk menginstallnya berdampingan dengan sistem operasi lain loh! Saya menggunakan pilihan berdampingan dengan sistem operasi lain, karena takutnya saya yang masih newbie dengan Ubuntu , salah-salah pilih nanti malah tambah hancur

Dan akhirnya saya bisa menikmati Ubuntu. Begitu Desktop Ubuntu Startup langsung ada musik pembuka yang berbau etnik-etnik Afrik gitu... keren banget~~~

Setelah itu install-install dari Internet. Pas Nge Install Edubuntu, tiba-tiba gagal. Duh, kaget banget! Eh ternyata Space nya nggak mencukupi. Ya... ternyata waktu nge install salah bikin partisi.... space nya terlalu sedikit! Cuman 2,5 GB! Jreng!!!! Jadinya saya meng-install Ubuntu lagi dengan Space yang lumayan gede... (sekitar 50 GB), selanjutnya saya jadi penikmat Ubuntu deh... hehehe...

0 orang ngomentarin:

Post a Comment

Yo...silahkan kasih commentnya...
Kamu juga bisa menambah emoticon kawan! cukup ketikkan kode emoticon pada daftar di atas

Picture

Picture

About This Blog

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP